Yayasan Adz dzikra Villa Galaxy

Masjid Adz-Ddzikra Menjadi Tempat Mualaf

Prosesi mualaf oleh Dr. Musa di masjid Adz-Dzikra Villa Galaxi . Cara memeluk Islam atau menjadi mualaf cukup mudah yaitu dengan membaca dua Syarat masuk Islam cukup dengan membaca dua kalimat syahadat berupa kesaksian secara lisan bahwa yang bersangkutan meyakini dan  bersaksi bahwa Tidak Ada Tuhan Selain Allah. Dan meyakini serta bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Bacaan lafadz dua kalimat syahadat dalam bahasa Arab adalah sebagai berikut :
  اَشْهَدُاَنْالَااِلَهَ اِلَّااللهُ وَاَثْهَدُاَنَّ مُحَمَّدًا رَسٌؤلُ اللهِ

Cara membacanya : Asyhadu an laa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullah.
Artinya: saya bersaksi Tiada Tuhan selain Allah dan nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Dengan meyakini dua kalimat tersebut lalu mengucapkannya dengan lisan, maka sesorang sudah sah menjadi muslim. 

sah menjadi muslim. 
Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan calon mualaf :

  • Apakah membaca syahadat harus sudah bisa sholat ? Tidak. belajar sholat dapat dilakukan setelah membaca syahadat.
  •  Apakah harus membaca syahadat dihadapan saksi ? Tidak harus. namun sebaiknya diikrarkan di hadapan saksi agar identitas keIslaman kita diketahui oleh saudara muslim yang lain. Hal ini berkenaan dengan hak-hak seseorang yang jadi mualaf atau muslim. Misalnya hak waris, menikah, serta pemakaman secara islam saat meninggal.
  • Apakah membaca syahadat harus  di masjid ? Tidak harus. membacanya dapat di mana saja, di kantor, di sekolah, di kampus atau di tempat umum. kapan saja seseorang sudah paham dan meyakini kebenaran ajaran Islam, segeralah bersyahadat. Pembacaan syahadat di masjid lebih baik karena menjadi syiar agama. 
  • Apa yang harus dilakukan setelah jadi mualaf ? Belajar mendalami ajaran agama Islam. Menjalankan semua kewajiban seorang muslim seperti sholat, puasa, zakat, menunaikan haji bila mampu. 
  • Apa hak yang didapat saat menjadi mualaf ? Mualaf berhak mendapat bagian harta zakat kaum muslimin.
  •  Apakah harus mengganti nama setelah jadi mualaf ? Tidak harus. Penjelasan bisa dibaca di artikel yang berjudul :Hukum Mengganti Nama bagi Mualaf

Bagi non muslim yang tertarik dengan ajaran Islam, Anda dapat menghubungi DKM Masjid Ad dzikra untuk mendapat bimbingan konsultasi serta tanya jawab soal agama Islam. 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *